salju

Sabtu, 28 April 2012

Segmentasi Targetting Positioning (STP)


Pernahkah anda mengamati pedagang asongan atau seorang pengamen yang genjrang-genjreng gitar ke rumah-rumah di sekitar kita. Apa yang anda pikirkan? Mungkin terbesit di benak kita, orang yang tidak punya masa depan dan pasti tidak berkecukupan. Menanggapi pertanyaan di atas sebenarnya hal itu sah-sah saja namun alangkah baiknya apabila hal tersebut direncanakan agar upaya yang kita lakukan tidak sia-sia dan hanya bisa mencukupi kehidupan sehari-hari.
Untuk memulai sebuah usaha mestinya kita terlebih dahulu mempunyai suatu kemampuan manajemen yang baik. Apabila tidak maka usaha yang akan kita mulai tidak akan sukses bahkan akan mengalami kerugian yang tak pernah kita nbayangkan. Salah satu caranya adalah dengan cara mempelajari dan memahami terlebih dahulu STP.
Segmentasi targetting Positioning sering kita dengar jika anda berkecimpung dalam dunia ekonomi hal itu sering kita jumpai dalam bidang pemasaran dalam suatu perusahaan. Segmentasi merupakan pembagian potensi pasar menjadi bagian-bagian tertentu, bisa berdasarkan kelas ekonomi, pendidikan ataupun berdasarkan gaya hidup.
Untuk memperjelas apa yang disebut segmentasi dalam realitas, mari kita ambil sebuah contoh seorang ingin memproduksi lumpia. Sebelum membuatnya kita harus menyesuaikan terlebih dahulu untuk kelas ekonomi seperti apa lumpia akan dipasarkan. Misalnya untuk masyarakat kecil menengah maka harga, ukuran dan bentuk harus diolah sedemikian rupa supaya menarik perhatian dan condong tertarik untuk mambeli lumpia yang kita jual.
Selanjutnya, setelah kita melakukan segmentasi terhadap suatu produk maka yang harus dilakukan adalah targetting. Targetting merupakan cara untuk mencapai terget yang diinginkan dimana produk akan dijual atau memilih market yang tepat agar produk kita tidak salah sasaran. Menyambung contoh memproduksi lumpia itu setelah membagi segmentasi untuuk mendapatkan hasil yang memeuaskan maka harus mempunyai target tertentu. Misalnya, lumpia yang kita produksi harus dinikmati mahasiswa di suatu institut maupun universitas.
Selain targetting yang kita lakukan, langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya yakni Positioning. Positioning merupakan suatu strategi pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan(differents), keuntungan (advantages), manfaat (benefit) yang membuat konsumen teringat akan produk yang telah kita buat. Intinya produk yang kita produksi berbeda dengan produk yang serupa, bagaimana caranya agar konsumen percaya akan produk kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar